Langsung ke konten utama

Unggulan

Inilah 3 Jenis Usaha Catering Menguntungkan.

Ada banyak peluang usaha di bidang kuliner yang cukup menjanjikan, salah satunya adalah Usaha  Catering . Seperti yang anda ketahui, makanan merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan sehari-hari. Usaha Catering sebenarnya tidak hanya sebatas untuk acara seperti pernikahan dan hajatan, tetapi bisa juga untuk kebutuhan catering kantoran, catering rumah sakit, dan lain-lain. Padatnya kegiatan sehari-hari terkadang membuat masyarakat sekarang menjadi malas untuk memasak makanannya sendiri. Dengan adanya peluang usaha  Catering  makanan, maka orang yang sibuk bekerja dapat dipermudah dalam mengonsumsi makanan setiap hari. Maka jangan heran jika sekarang mulai banyak bermunculan usaha-usaha catering rumahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebenarnya  Catering  ini dapat dikembangkan oleh siapa saja, terlebih bagi mereka yang memang memiliki hobi memasak dan menyukai makanan, maka hobi mereka dapat tersalurkan melalui usaha catering tersebut. Meskipun dapat dikembangkan oleh siapa saja, nam

Mengungkap Cara Sukses dalam Usaha Catering

Catering merupakan suatu bisnis yang bergerak dibidang makanan, dengan kata lain bisnis ini bergerak dibidang jasa boga. Seringkali catering ini identik dengan jasa boga yang melayani pemesanan makanan dalam jumlah yang banyak atau porsi yang besar, namun sekarang banyak bermunculan catering yang juga melayani pemesanan makanan untuk kebutuhan harian seperti catering untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Catering ini bisa menjadi pilihan anda dalam menentukan bisnis apa yang ingin anda mulai, bisnis catering sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi memasak atau anda yang menyukai bidang kuliner. Anda tidak perlu merasa cemas kalau bidang ini nantinya akan tenggelam, karena sampai kapanpun orang akan membutuhkan makanan.

Pengertian Apa itu Catering?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Catering merupakan suatu bisnis yang bergerak dibidang makanan atau bisa disebut jasa boga.  Menurut beberapa ahli seperti Purwati Tj, dkk. yang menyebutkan bahwa "catering adalah suatu usaha di bidang jasa dalam hal menyediakan atau melayani permintaan makanan, untuk bernagai macam keperluan,”.

Adapun Menurut Sjahmien Moehiy, "Catering merupakan penyelenggaraan makanan dimana tempat memasak dengan tempat menghidangkan makanan berbeda. Makanan itu akan diangkut ke tempat lain untuk dihidangkan, seperti ke tempat pesta, pertemuan, rapat, kantin, atau kafetaria industri. Jenis makanan yang disajikan bisa berupa makanan kecil, makanan lengkap, atau makanan yang sudah di bungkus ke dalam wadah sesuai dengan keinginan pelanggan."

Sebenarnya Catering bukanlah hal asing bagi masyarakat karena sudah muncul sejak tahun 1800-an dan mulai populer di tahun 2000-an. Catering telah menjadi solusi praktis bagi masyarakat yang sibuk dengan aktivitasnya hingga tidak menyempatkan waktu untuk memasak. Catering juga menjadi jawaban dari keresahan masyarakat ketika memiliki acara khusus dan membutuhkan makanan dalam porsi atau jumlah yang besar.

Seiring berjalannya waktu, Catering pun semakin berinovasi dengan tidak hanya menyediakan kebutuhan dalam porsi dan jumlah yang besar, namun juga dapat memenuhi kebutuhan harian. Munculnya catering harian dapat menjadi solusi dari banyaknya kebutuhan masyarakat untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Biasanya target market yang memilih catering harian adalah anak kost, mereka yang sedang diet, untuk makan siang di perusahaan, dan lain-lain.

Tips untuk Anda yang ingin memulai Usaha Catering


Tiap usaha memiliki cara dan strateginya masing-masing, berikut akan dijelaskan bagaimana tips memulai bisnis katering.

1. Identifikasi Niche Market yang Tepat

Langkah pertama dalam memulai bisnis Catering yang sukses adalah menentukan Niche Market yang Tepat. Apakah anda ingin berspesialisasi sebagai catering pernikahan, hajatan, acara bisnis, makanan kesehatan atau berperan sebagai catering harian. Mengindetifikasi Niche Market yang tepat dapat membantu anda menentukan seperti apa target market dan bagaimana proses pemasaran anda kedepannya.

2. Kualitas Makanan

Kualitas makanan merupakan intisari dari bisnis Catering, orang mungkin akan membeli dari anda karena strategi marketing anda berhasil, namun orang akan kembali memesan catering di tempat anda karena mereka cocok dengan kualitas dan rasa dari makanan anda. Pastikan juga bahwa bahan-bahan dan makanan yang anda sajikan dalam keadaan segar, sedap dan siap memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Bekerja sama dengan chef berpengalaman atau ahli kuliner dapat membuat anda menyadari seperti apa menu-menu unik dan standar makanan yang layak untuk disajikan kepada pelanggan Anda.

3. Layanan yang Profesional

Memberikan pelayanan yang terbaik dapat menentukan tingkat keberhasilan dari usaha Catering anda kedepannya. Pelanggan tidak hanya ingin menikmati makanan enak yang anda sajikan, namun juga ingin merasakan keseluruhan pengalaman ketika membeli atau bekerja sama dengan bisnis catering anda. Pastikan juga karyawan anda dapat memberikan pelayanan yang baik, praktis dan profesional.

4. Inovasi dalam Presentasi

Penampilan hidangan juga memegang peranan penting dalam Catering. Anda dapat berinovasi dalam cara menyajikan makanan. Misalnya menyajikan hidangan dalam piring atau wadah mini atau unik. Pemilihan dekorasi dan warna yang tepat juga dapat meningkatkan daya tarik makanan Anda.

5. Manajemen Logistik dan Suplai yang Baik

Keberhasilan suatu bisnis Catering juga ditentukan dari seberapa baik Anda mengatur pasokan bahan-bahan dan logistik yang diperlukan dalam bisnis catering Anda. Pastikan Anda memiliki perencanaan tentang kapan pasokan bahan-bahan yang diperlukan datang, kapan anda mengirimkan makanan kepada pelanggan. Waktu yang tepat dalam pengiriman sangat diperlukan, terutama pada saat acara penting.

Pastikan juga anda bekerja sama dengan banyak vendor yang tepat dan berbeda-beda, tujuannya ketika satu vendor belum bisa mengirimkan pasokan bahan-bahan yang Anda perlukan, Anda masih memiliki vendor lain yang dapat diandalkan dalam menyediakan kebutuhan Anda.

6. Pemasaran dan Promosi

Dalam bisnis Catering, Anda dapat memanfaatkan media sosial, website, dan saluran pemasaran lain yang ada sekarang sebagai media promosi sekaligus dapat menjangkau calon pelanggan lebih banyak dan lebih luas. Membangun merk yang kuat dan memasarkan layanan anda secara efektif juga sangat penting. Semakin luas Merk Anda dikenal oleh orang-orang, maka semakin besar juga kemungkinan catering anda dalam menerima pesanan dari calon pelanggan anda.

Industri makanan memang menawarkan peluang yang luas dan kesempatan tak terbatas. Namun untuk menjadi sukses Anda perlu fokus pada kualitas makanan yang baik, layanan yang profesional, presentasi yang inovatif, manajemen logistik dan suplai yang baik, dan pemasaran yang efektif. Dengan anda berkomitmen untuk senantiasa memberikan pengalaman kuliner terbaik kepada pelanggan Anda, maka anda dapat membangun usaha Catering Anda sendiri dan membangun citra positif di Industri Kuliner ini.

Komentar

  1. Mantap !! Informasi tentang dunia perkulineran emang selalu menarik untuk dijadikan sebagai pokok bahasan. Mari diskusikan bersama kami preferensi menu makanan yang kamu suka di Saika Restaurant #CiptaRasaDariHati

    BalasHapus
  2. Makanan yang lezat sangat bergantung dari bahan dasar yang berkualitas baik. Pastikan anda memakai bahan dasar unggulan seperti bawang merah yang bisa didapatkan di Bawang Goreng Tjap Dua Melati

    BalasHapus
  3. Thx untuk infonya min, sangat mengedukasi terkait peluang usaha di bidang catering. Salam kenal dari Dapur Kimo Cimol

    BalasHapus
  4. Terima kasih informasi menarik tentang dunia kuliner yang sangat mengedukasi
    Salam dari
    angkringanwarekono

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer